
Rabu (17/5/2023), Terinspirasi dari program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), SMAN 1 Kotabumi, mencoba menumbuhkan minat baca bagi seluruh siswa-siswinya dengan membuat lomba pojok baca dan mading antar kelas. Tujuannya adalah untuk mendekatkan siswa dengan buku bacaan sehingga mendorong minat mereka untuk membaca, serta menumbuhkan kemampuan literasi tiap siswa.
Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan bahasa.
Seluruh panitia bekerjasama dengan setiap wali kelas di SMAN 1 Kotabumi gencar mensosialisasikan kegiatan ini sejak jumat lalu, dan diterima dengan antusias oleh seluruh siswa, dari 19 kelas siswa kelas X dan XI di SMAN 1 Kotabumi, seluruh kelas berpartisipasi aktif mengikuti kedua cabang lomba yang diadakan.
Selain mengadakan lomba pojok baca dan mading, untuk menumbuhkan minat peserta didik berliterasi, sekolah juga menggiatkan gerakan literasi dengan menggadakan gerakan membaca buku non akademik 15 menit di awal pembelajaran.
Dengan adanya lomba Gerakan Literasi Kelas di SMAN 1 Kotabumi, Kepala Sekolah beserta seluruh guru berharap bertambahnya minat baca peserta didik, dengan suasana yang aman dan nyaman untuk belajar, membaca buku-buku yang tidak hanya berhubungan dengan buku pelajaran saja, bisa buku-buku fiksi, buku pengetahuan lainnya, yang dapat menambah ilmu pengetahuan mereka, dengan membaca akan membuka dunia, sebagaimana kata-kata bijak “Kalau ingin Mengenal Dunia Membacalah, kalau Ingin Dikenal Dunia Menulislah”.
Semoga dengan adanya Gerakan Literasi Kelas ini diharapkan peserta didik SMAN 1 Kotabumi menjadi generasi milenial yang mampu bersaing di era revolusi industri 4.0, menjadi generasi muda yang beraklak mulia, beriman dan bertakwa, cinta tanah air dan bangsa sukses di masa depan nantinya.
Oleh: Pramono_Echo
866 total views, 4 views today